Shooting star adalah salah satu job DPS yang terkenal di Cap 80. Dulu ketika Reload EX bisa digunakan ketika Mechanic Mode, Shooting Star memiliki DPS yang luar biasa. Dipertengahan Cap 80, Shooting Star mendapatkan Revamp untuk Reload EX yang tidak bisa digunakan di Mechanic Mode dan pengurangan damage Splash sebesar 30%. Update itu membuat beberapa pemain Shooting Star terguncang. Ada yang Change Job ke Gear Master dan ada juga yang pensi dari dunia PVE :P. Melihat kejadian itu, saya jadi merasa bangga sama teman-teman yang mempertahankan Job yang DPSnya tidak begitu besar dan kurang favorit, seperti acrobat dan dancer class.
Jika dihitung berdasarkan total potensi DPS Skillnya, Shooting Star tidak mendapatkan peningkatan DPS di CAP 90. Hal tersebut dikarenakan dua Skill DPS terbesarnya dikurangi damagenya yaitu Splash dan Mine Thrower (Brainwave Projection). Beruntung developer me-revamp Debuff Biochemical Granade dari Def -20% (+3-5% Damage) menjadi +20% damage. Debuff itu membuat Potens DPS full Buff Shooting Star meningkat. Selain itu, ada peningkatan jumlah peluru dari Splash EX dan cooldown Reload EX. Dibandingkan dengan saudarinya (Gear Master), setidaknya Shooting Star masih lebih baik. Jadi sampai sekarang saya masih belum memiliki alasan kuat untuk tidak Gear Up Shooting Star kesayangan saya.
Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI atau ECJ/Element + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT
Note: Penjelasan masalah ECJ di Engineer bisa lihat di Gear Master Skill Build
Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Shinning (Iron Wall), Tent, Fatal dan Bear/Ultimate
Skill Build
Mari lihat tabel potensi DPSnya dulu.
Build PVE
Jika dibandingkan dengan membuat Gear Master Skill Build (PVE), Shooting Star tidak begitu dilema. Apalagi kemarin banyak masukan yang keren dari teman-teman di Blog.
Napalm Bomb
Selama main Academic Class, saya sangat jarang sekali menggunakan skill. Sebelumnya ada yang memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb Max karena memiliki Board Damage yang lumayan besar juga. Setelah hitung, ternyata benar Potensi DPSnya tidak begitu mengecewakan. Selain itu, Napalm Bomb sangat mudah digunakan dan castingnya cepat pula.
No Stun Granade
Saya mengerti kalau sebagian orang sangat suka sekali dengan Skill ini, khususnya anak-anak dari DN INA. Saya pernah dimarahi ketika membuat Build tanpa Stun Granade di DN INA. Kenapa masih ada yang tidak mengerti kalau Build saya adalah untuk Pure PVE. Dasarnya Build PVE adalah mencari Skill dengan DPS yang baik. Coba bandingkan saja DPS Stun Granade dengan Napalm Bomb, perbedannya hampir 3x lipat. Saya juga tidak pernah mendengar ada Boss di Nest/Raid kena Stun gara-gara Skill ini (LOL) :P.
Pingpong Bomb
Di Cap 80, saya menaikan skill ini Max bahkan sampai level 21. Melihat DPSnya yang dikurangi di Cap 90, saya terpaksa harus menaikannya sampai level 16 saja. Perhatikan saja tabel di atas, Pingpong Bomb EX hanya menempati urutan ke 9. Padahal sebelumnya Pingpong Bomb EX menempati urutan no 4.
Reload
Sangat tidak disangka skill yang biasanya saya spam hanya untuk mencari peluru ini menjadi Top 4 DPS Shooting Star. Kenaikan damagenya di Cap 90 hampir 200% atau 3x lipat dibandingkan cap 80 (baca: Engineer Class Analisis).
Chemical Granade
Damage Chemical Granade memang dinaikan di Cap 90 ini, tetapi tetap saja memiliki DPS yang tidak besar. Kalian harus tetap menaikannya MAX agar Debuff (-20% All Resist) menjadi lebih lama.
Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di Cap 80, Mine Thrower sempat mengalahkan Splash menjadi Top DPS Shooting Star. Potensi DPSnya memang besar tapi itu untuk Full Hit. Mine Thrower Full Hit (40 Hit) agak susah dilakukan, kecuali untuk Boss yang berukuran super besar seperti Naga di Raid Nest. Kadang-kadang karena damage Mine Thrower kurang konsisten, saya menjadi lebih sering spam Biochemical Granade atau Splash.
Biochemical Missile
Biochemical Missile merupakan satu-satunya skill di TOP 3 DPS yang mendapatkan peningkatan damage. Hal yang paling penting adalah Debuff Biochemical Missile akhirnya diganti. Awalnya hanya -20% Defence, sedangkan yang terbaru adalah +20% Damage. Efek keduanya sangat berbeda jauh, Debuff -20% Def (cap 80) hanya akan meningkatan 4-6% Damage saja (tergantung Def musuh), sedangkan yang terbaru benar-benar +20% Damage,
Demolition vs Skyline
Saya agak kurang terbiasa menggunakan Ultimate Skill ini, jadi lebih sering menggunakan Skyline (Ultimate Skill Gear Master)
Mecha Bomber
Yah walaupunn sudah tidak ada Debuff -damagenya lagi, saya mash tertarik dengan potensi damagenya.
Splash
Splash berhasil kembali merebut peringkat 1 DPS untuk Shooting Star. Hal ini dikarenakan ada peningkatan jumlah peluru dari 7x menjadi 9x peluru. Kalian harus berdekatan atau menempel dengan musuh agar Splash bisa Full Hit (18x Hit).
Alfredo Beam
Skill andalannya Alfredo yang memiliki potensi DPS lumayan besar juga.
Build Hybrid
Build ini bisa digunakan di PVE maupun PVP. Saya menaikan Stun Granade untuk PVP dan ada sisa 4 Skill Point untuk menaikan Bubble. Skill DPS utamanya masih sama dengan Build PVE.
Build PVP
Stun Granade
Skill ini sangat berguna di PVP karena kemungkinan Stunnya. Beberapa orang malah berniat untuk MAX +1 dan Skill Heraldry cooldown. Dengan menambahkan Stun Elixir juga bisa menambah kemungkinan Stun skill ini di Ladder
Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik
Force Out
Force Out bisa digunakan untuk ekstra tumble dan memili Iframe sekitar 0.3 detik.
Reload
Tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan levelnya. Jadi untuk menghemat MP saya tidak menaikannya Max.
Mine Thrower (Brainwave Projection)
Di PVP skill ini jarang sekali digunakan
Biochemical Missile
Skill kesukaan saya di PVP karena memiliki damage dan area yang besar.
Ice Pump Tower
Pada Level 8, efek Slow menjadi lebih lama dan itu sangat membantu untuk mengurangi pergerakan lawan.
Mecha Silent
Pada Level 6 bisa menghilangkan 2 Buff musuh. Sangat berguna untuk melawan musuh yang memiliki banyak Buff.
Mecha Bomber
Damagenya di PVP cukup besar dan mecha akan Iframe ketika menggunakan Skill ini.
Mechanic Mode
Saya hanya menggunakan untuk Cast MM Ice Pulm Tower
Skill Heraldry
PVE:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Splash (damage)
3. Mine Thrower (damage)
Optional: Biochemical missile/Pingong Bomb (damage), Wax (cooldown)
PVP:
1. Transitional Damage (cooldown)
2. Stun Granade (cooldown)
3. Wax (cooldown)
Optional: Biochemical Missile/Splash (damage), Rocket Jump (cooldown), Dodge (cooldown/reset cooldown)
No comments
Post a Comment