Padasaat membuat Build Gear Master di Cap 80, saya merasa bingung karena kekurangan Skill Point. Sedangkan di Cap 90 Skill Point yang tersedia banyak, tetapi saya malah bingung memilih Skillnya. Hal ini disebabkan pengurangan damage untuk beberapa Skill (baca: Analisis Engineer Class). Selain itu, saling bentroknya Skill Reload dengan Mechanic Mode juga membuat penyusunan Skill menjadi semakin sulit. Rasanya benar-benar campur aduk banget membuat Skill Build Gear Master ini. Sekarang tugas saya adalah mengumpulkan orang-orang bingung untuk berdiskusi tentang Gear Master Skill Build Level 90.
Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: PATK + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT
Bagaimana dengan Light, Dark atau Ice Gear Master?
Saya uji coba dengan menggunakan Status Char Gear Master saya saja.
PATK Gear Master
PATK: 47343
Light Gear Master
PATK: 40183
Light Attak: 11.69%
Langkah berikutnya adalah ambil salah satu Skill sebagai contoh. Saya ambil TOP DPS Skillnya saja yaitu Chain Saw Tower.
Board Damage: 3150%
Koefisien: 7x Board Damage
Cooldown: 17 detik
PATK Gear Master
DPS: ((31.5 x 47343) x 7)/17 = 614068
Light Gear Master
DPS: ((31.5 x 40183) x 7 x 1.1169)/17 = 591252
*DPS di atas belum termasuk Debuff -20% Resist dari Chemical Granade
Chemical Granade
- 591252 x 1.2 = 709502
Jadi untuk ECJ Gear Master harus memperhatikan hal berikut:
1. Persentase Elementnya minimal 5% dan jangan sampai minus
2. Sering-seringlah mengeluarkan Skill Chemcal Granade
Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate
Skill Build
Sebelum membuat Skill Build mari kita lihat dulu tabel potensi DPSnya:
Dengan melihat dan mempertimbangkan hasil perhitungan di atas, maka saya memutuskan membuat dua Skill Build PVE (bahasanya berat :P).
Build 1
Build 2
Kalian bingung kan dengan keputusan saya menaikan Reload Max, apalagi Reload dengan Mechanic Mode tidak bisa digunakan bersamaan. Ketika membuat Skill Build ini, saya sudah pasrah akan kembali mengalami kram jari karena merotasi Mechanic Mode dan Reload.
Build 3
Seorang tanpa nama memberi saran untuk menaikan Napalm Bomb di PVE. Saya rasa itu ide yang cukup bagus, karena DPSnya lumayan besar juga. Di Build ini juga saya peruntukan orang yang males senam jari dan lebih fokus untuk Tower + Mechanic Mode saja.
Wax
Skill yang wajib Max.
Force Out
Pada level 6 skill ini bisa menjadi ekstra tumble dan memiliki iframe juga. Jika kalian tidak terbiasa menggunakan bisa menaikannya sampai level 1 saja dan skill pointnya dimasukan ke Stun Granade.
Stun Granade
Semoga pencinta Stun Granade tidak ada yang protes lagi. Jika kalian perhatikan semua Skill Aktif di Academic Skill Tree tidak ada yang memiliki DPS yang besar. Jadi Stun Granade ini saya naikan hanya untuk menutupi kekurangan Persyaratan Skill Point saja.
Tower Skill
Gatling Gun Tower Berdasarkan tabel potensi DPS di atas, Gatling Gun Tower (Mechanic Mode) memiliki DPS yang besar. Lalu kenapa saya tidak menaikannya? tentunya karena Teori tidak seindah di lapangan. Gatling Gun sangat sulit untuk Full Hit, karena kalian harus memastikan posisinya sangat dekat/menempel dengan Boss. Jika tidak berdekatan maka DPSnya akan sangat kecil.
Cannon Tower
Di Cap 80, Mechanic Mode Cannon Tower adalah favorit saya, karena memilik Board damage yang besar. Walaupun Board Damagenya dikurangi cukup besar di Cap 90, saya tetap menaikannya MAX karena DPS MM Cannon masih lumayan besar.
Ice Pump Tower
Dulu alasan saya menaikan ini sampai level 8 karena Debuff -30% Ice Resistnya (soalnya saya Ice Gear Master). Revamp Buff berhasil menghapus Debuff andalan saya itu (T_T) dan menyisakan hanya efek Slow. Peningkatan Level Ice Pump Tower meningkatan Board Damage dan durasi Slow saja. Dilihat dari DPSnya yang menempati urutan terbawah, jadi tidak perlukan untuk menaikan Tower ini Max.
Mecha Skill
Mecha DuckSetiap peningkatan level untuk Mecha Duck tidak meningkatkan jumlah HPnya. Selain itu, peningkatan Board Damagenya juga tidak terlalu besar.
Mecha Shock
Salah satu Skill DPS terbaik untuk para bebek dan berhasil masuk ke posisi ke 9.
Mecha Siren
Daridulu Skill ini tidak memiliki Board Damage yang besar.
Mecha Bomber
Top DPS Skill untuk para bebek. Kalian boleh menaikannya sampai level 11, karena board damagenya tidak terlalu berbeda jauh dengan Max.
Skill Line Shooting Star
Pingpong BombDamagenya dikurangi jadi saya kurang berminat menaikannya.
Reload
Skill ini malah masuk ke dalam Top 10 DPS Gear Master. Tujuan utama saya menaikannya adalah agar saya bisa lebih cepat mengumpulkan peluru. Kalian bebas menaikannya skill ini disesuaikan dengan seberapa sering kalian menggunakannya. Setiap kenaikan 1 Level skill maka Cooldownnya berkurang 0.5 detik (silakan sesuaikan dengan kecepatan jari masing-masing).
Chemical Granade
Saya sudah membicarakan Skill ini dibagian analisis Jade. Bukan hanya pengguna ECJ Gear Master saja yang wajib menaikan skill ini, tetapi PATK Gear Master juga.
Mine Thrower atau Biochemical Missile
Saya hanya memberi satu pilihan karena dua-duanya membutuhkan jumlah peluru yang sama (2x Reload). Secara DPS Mine Thrower memang lebih besar namun agak sulit mendapatkan Full Hit damagenya (40 Hit), terutama ketika ukuran monsternya kecil dan sedang. Biochemical Missile memiliki DPS yang lebih konsisten karena Full Hitnya hanya 1x Hit dan areanya luas pula. Sekarang terserah kalian mau memilih yang mana atau kalian bisa tidak menaikan keduanya dan menaikan Skill DPS lain yang menurut kalian besar juga.
Gear Master Skill
Chainsaw Tower
Top DPS Skill jadi tidak perlu ditanya lagi ya
Big Mecha Bomber
Big Mecha Bomber memang tidak termasuk ke Top 5 DPS Gear Master, karena memiliki Cooldown yang lebih lama dibandingkan Skill di atasnya. Di Cap 90, kalian akan sering menggunakan skill ini karena memiliki Debuff tambahan +20% Damage selama 10 detik.
Force Out INS
Instant Skill yang suram untuk DPS Job. Apalagi diaktifkannya setelah skill Flashbang, berarti itu harus kena Hit dulu dong. Efek Force Out INS sudah otomatis seperti Force Out Level 6++ yang memiliki Iframe (tidak bisa dihit). Jadi kalian boleh saja tidak menaikan Force Out sampai Level 6.
Skill Build PVE memang membuat saya galau. Setidaknya saya mempunyai pilihan lain yaitu Skill Build PVP.
Build PVP
Vending Machine
Di INA sering disebut Kulkas alias Skill untuk mengeluar Potion. Di Ladder saya selalu menggunakan Skill Ring +1 untuk Skill ini, agar jumlah Potionnya lebih banyak. Walaupun kadang-kadang itu bisa menjadi malapetaka ketika musuh berhasil menguasai Area Potion.
Stun Granade
Skill wajib dan sangat berguna di PVP. Kalau perlu kalian bisa menggunakan Skill Ring +1 agar kemungkinan Stunnya semakin besar. Di Ladder bisa juga mengunakan Elixir/Potion untuk meningkatan kemungkinan Stun dan hasilnya pasti membuat "pusing pala barbie" musuh :P
Wax
Wajib max juga agar musuh lebih mudah terpeleset
Bubble
Bisa mengikat musuh selama 2 detik.
Reload
Di PVP, peningkatan level skill ini tidak berpengaruh untuk cooldownnya, jadi level 1 saja cukup.
Chemical Granade
Area serangannya dan damagenya cukup besar, ditambah ada Debuffnya pula.
Mine Thrower (Brainwave Projection) vs Biochemical Missile
Di PVP saya lebih memilih Biochemical Missile karena memiliki area dan damage yang besar.
Ice Pump Tower
Saya naikan sampai Level 8 agar durasi Debuffnya Maksimal. Walaupun Debuffnya hanya untuk membuat musuh Slow/lambat saja, tetapi itu sangat berguna di PVP.
Mecha Duck
Masih tetap level 1 karena kenaikan levelnya tidak meningkatkan jumlah HPnya,
Mecha Shock
Paralyzenya dan Areanya lumayan besar, skill ini sangat mengganggu di PVP. Akan lebih baik jika sudah mengganggu damagenya besar pula.
Mecha Siren
Menaikan Skill ini sampai level 6 supaya Buff yang dihapuskan menjadi 2 Buff. Penghapusan Buff itu sangat berguna ketika melawan musuh yang memiliki Buff banyak seperti Cleric Class.
Mecha Bomber
Banyak yang tidak tahu bahwa bebek akan Iframe (tidak bisa di Hit) ketika sedang cast Mecha Bomber. Skill ini selalu menjadi penyelamat saya ketika melawan musuh yang hobi nempel-nempel. Tips menggunakan Mecha Bomber adalah selalu sisakan 1 Bebe didekat kamu lalu Cast Mecha Bomber (walaupun musuh tidak ada di dekatmu). Lalu fungsinya apa? nanti ketika musuh mendekat si Bebek tadi akan otomatis Cast Mecha Bomber dan itu jarang sekali diduga. (Koreksi kalau saya salah)
Skill Heraldry
PVE:
1. Chainsaw Tower (cooldown)
2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Big Mecha Bomber (cooldown/damage)
4. Big Mecha Bomber (cooldown/damage)
Optional: Mine Thrower/Biochemical Missile (damage)
PVP:
1. Chainsaw Tower (cooldown)2. Transitional Damage (cooldown)
3. Wax (cooldown)
4. Stun Granade (cooldown)
Optional: Rocket Jump (cooldown), Tumble (reset cooldown), Biochemical Missile (damage)
No comments
Post a Comment