Sunday, November 22, 2015

ABYSS WALKER SKILL BUILD LEVEL 90

    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya m... thumbnail 1 summary
    Job yang mendapatkan Voting tertinggi kali ini adalah Abys Walker. Saya perhatikan hasil Vote untuk JOB yang sudah ada Skill Buildnya masih tetap tinggi saja. Kasian beberapa Job lain masih sepi yang Vote dan pengguna job itu sudah mulai meminta Skill Build. Saya bukannya cuek dengan permintaan kalian, tetapi masalah keterbatasan waktu dalam membuat Artikel. Apalagi hari selasa nanti DN SEA akan Cap 90 dan pasti saya akan susah membagi waktunya.
     Abyss Walker adalah salah satu job yang akan saya leveling-kan duluan (mungkin setelah Smasher/Soul Eater :P). Saya sangat tertarik sekali dengan Skill Boostnya dan Line of Darkness Instan. Menjelang Cap 90 (H-2) di DN SEA, harga Skill Plate untuk skill Abyss Walker mulai merangkak naik, Padahal nanti di Cap 90 kan Judi Pouch Skill Plate menjadi lebih sedikit membutuhkan Fragment Dimesional Gemnya, hehehe.
     Kenaikan damage hampir semua skill Skill Abyss Walker membuat saya tidak begitu galau membuat Skill Buildnya di Cap 90 (tidak seperti membuat Gear Master Skill Build). Berdasarkan post Analisis Bringer Class, diantara semua skill Abyss Walker hanya Nightfall saja yang mengalami penurunan damage. Ini berarti pada Cap 90, Abyss Walker hanya pelu fokus pada Dark Skillnya alias kembali kejalur yang benar.



Jade/Jewel
Armor: AGI + VIT
Weapon + Ring: Dark + AGI
Earring + Necklace: AGI + VIT

Dark Attack vs Physical Attack (PATK)
Jujur saya sudah mulai agak bosan ketika ditanya mana yang lebih baik Dark Attack atau PATK untuk Abyss Walker. Saya selalu menjawab Dark Attack pasti lebih baik, karena semua Skill Abyss Walker itu elemnnya Dark. Sebagai pembuktian mari kita hitung-hitungan seperti di Gear Master Skill Build:
Abyss Walker (PATK)
- PATK: 53081
- Dark Attack: 70% (Full Buff)
Abyss Walker (Dark Attack)
- PATK: 46349
- Dark Attack: 102% (Full Buff)

Hitung Damage salah satu skill yaitu Line of Darkness EX
- Board Damage: 2361%
- Koefisien: 3 Board Damage

Abyss Walker (PATK)
Damage: (53081 x 23.61) x 3 x 1.7 = 6391536

Abyss Walker (Dark Attack)
Damage: (46349 x 23.61) x 3 x 2.02 = 6631457

Nah, sudah jelaskan Abyss Walker yang bermain Dark Atack akan lebih unggul. Bayangkan saja perbedaan Damagenya untuk Abyss Walker yang menggunakan Tough Earring + Necklace (Full Dark), pasti Damagenya akan lebih besar lagi.

Heraldry + Talisman
Destruction, Wind, Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Bear/Ultimate

Skill Build
Kali ini saya hanya akan memberikan dua Skill Build saja yaitu PVE dan PVP, tetapi seperti biasa saya akan menyediakan tabel potensi DPSnya terlebih dahulu:

Note: Perhitungan menggunakan Gear/Equip Abyss Walker (Dark) seperti Analisis Bringer Class

Build PVE


Fan of Edge
Beberapa teman saya sudah protes tentang Skill ini. Mereka merasa aneh kenapa saya suka sekali menaikan Fan of Edge. Jawabannya adalah hampir semua Char saya menggunakan Build Pure PVE, termasuk char Assassin juga. Pure PVE berarti saya menaikan Skill yang memiliki DPS besar, salah satunya adalah Fan of Edge. Yah walaupun damagenya dikurangin di Cap 90, tapi saya belum bisa move on atau menemukan pengganti skill DPS lain di Assassin Skill Tree. Bagi yang tidak cocok dengan Gameplay saya, kalian bebas memilih Skill yang kalian suka.

No Ring Strike 
Secara DPS, Ring Strike tidak bisa menandingi Skill Dark lainnya. Padahal perhitungan di atas menggunakan Total 21 Hit, tetapi potensi DPSnya tetap diurutan terbawah. Dengan Build seperti di atas, untuk menaikan Ring Strike Level 1 saya harus mengorbankan 13 Skill Point (10 SP untuk ambil Skill dibawah Chakra Energy dan 3 SP untuk Ring Strike lv 1). Dibandingkan harus membuang SP untuk Skill yang DPSnya tidak besar lebih baik saya alokasikan untuk Skill lainnya saja.

Chakra Cure
Skill ini sangat berguna untuk menghilangkan Debuff Boss, seperti burn, poison dll. Dengan menaikan Skill ini, berarti Abyss Walker bisa menjadi DPS paket komplit, karena memiliki DPS besar, Heal dan Cure.

Illusion Chakra
Abyss Walker level 90 pasti sudah tahu apa kegunaan skill ini. Kegunaannya adalah untuk mengurangi Cooldown Line of Darkness Instant. Jika Illusion Chakra berhasil mengenai musuh maka akan mengurangi Cooldown LOD INS 27 detik. Line of Darkness instant memiliki cooldown 27 detik juga, sehingga jika Illusion Chakra terus berhasil mengenai musuh maka Cooldown LOD INS akan sama dengan Cooldown Illusion Chakra. Illusion Chakra level 10 (MAX) memiliki Cooldown 12 detik, berarti kalian bisa menggunakan LOD INS tiap 12 detik (asal berhasil hit musuh). Saya malah punya rencana untuk menggunakan Skill Ring +1 dan Plate cooldown (niat mode), sehingga cooldownnya bisa 8 detik (dah kaya Setrikaan bolak-balik LOD).

Abyss Walker Skill

Perhatikan saja Tabel Potensi DPS di atas, ke enam Skill di Abyss Walker Line berhasil menguasai peringkat 1-6 DPS Skill. Ini merupakan efek dari Abyss Walker Boost yang saya pernah bahas di Analisis Bringer Class. Dengan Potensi DPS yang hampir merata seperti itu, saya rasa tidak ada salahnya untuk mengembalikan Abyss Walker ke jalan kegelapan. Mungkin nanti ada yang nanya kok Ultimate Skill Abyss Walker (Dark Conviction) bisa berada di Top 2 DPS. Kalian bisa lihat alasannya di Light Fury Skill Build.

Nightfall
Nightfall sempat menjadi TOP DPS Abyss Walker di Cap 80 lalu, Namun di Cap 90 ini, damagenya dikurangi lumayan besar yaitu hampir 50%, bahkan debuffnya juga ikut dikurangi dari +32% menjadi +20% Damage. Saya malah sempat ingin menaikannya sampai level 1 saja karena masalah peningkatan damagenya per-levelnya tidak terlalu besar. Coba saya hitungnya:
Nightfall lv 1: 102% per hit
Nightfall lv 11: 113% per hit
Max Hit: 20x Hit
Mid Hit: 1.5x board damage (posisi monster di tengah Nightfall)
Koefisien: 20 x 1,5 = 30x Board damage

Nightfall lv 1: 102% x 30 = 3060%
Nightfall lv 11: 113% x 30 = 3390%
Peningkatan: 3390% - 3060% = 330%

Tuhkan perbedaan Level 1 dengan 11nya tidak terlalu besar. Coba saya hitung peningkatan DPS antara level 1 dengan 11.
Cooldown: 30 detik
Peningkatan DPS: 330%/30 = 11%/detik (imuth banget)

Dibandingkan Nightfall, peningkatan Fan of Edge dari level 16 ke 26 malah lebih besar yaitu 16%. Atau kalian bisa juga menggunakan 10 SPnya untuk meningkatkan Shadow Hand level 6 yang memiliki peningkatan DPS 26%.

Saya yakin pasti ada yang tidak mengerti dengan maksud saya di atas. Intinya dengan kondisi damage Nightfall di Cap 90, saya agak bimbang dengan 3 pilihan ini;

1. Fan of Edge lv 16 dan Nightfall lv 11 (seperti build di atas)
2. Fan of Edge lv 26 dan Nightfall lv 1
3. Fan of Edge lv 16, Shadow Hand lv 6 dan Nightfall lv 1



Build PVP


Shadow Hand + Triple Edge + Piercing Strike
Seperti biasa ketiga skill ini perlengkapan untuk kombo di PVP.

Ring Strike
Ring Strike punya Iframe di awal Castnya dan bisa juga digunakan untuk mengunci musuh yang terjatuh. Ring Strike juga sangat efektif untuk mengunci musuh di area Nightfall EX.

Chakra of Healing + Healing of Ajna
Saya tidak menaikan kedua Skill ini karena membutuhkan masing-masing 10 Skill Point (Boros sekali). Chakra of Healing juga tidak memiliki kemampuan untuk memulihkan HP, jadi saya rasa tidak terlalu penting juga dinaikan. Lebih baik Skill Pointnya diberikan ke Skill lain yang lebih berguna.

Illusion Chakra
Di PVP tidak ada pengurangan cooldown untuk setiap peningkatan Skill ini, jadi saya rasa percuma juga dinaikan MAX.

Shadow Focus
Saya terpaksa mengurangi Shadow Focus sampai level 6 demi menaikan Ring Strike lv 1. Saya rasa sih perbedaan damagenya juga tidak terlalu jauh di PVP.

Nightfall
Berbeda dengan PVE yang galau antara level 1 atau Max. Di PVP saya lebih memilih untuk MAX karena damagenya di Ladder/PVP lebih besar dan itu berpengaruh untuk mempercepat penurunan HP musuh.

Ring of Energy
Kalian tidak akan mungkin bisa Full Hit menggunakan Skill Ultimate Abysswalker. Skill Ultimate Light Fury (Ring of Energy) lebih mudah kena Full Hitnya dan damagenya juga besar di PVP.

Skill Heraldry
PVE:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Chakra (cooldown)
3. Illusion Strike (damage)
Optional: Nightfall (cooldown), Dark Conviction, Night Exploison, Shadow Focus, Plasma Burst (damage)

PVP:
1. Line of Darkness (damage)
2. Illusion Strik (damage)
3. Nightfall (action speed)
Optional: Illusion Strike (cooldown), Chakra of Energy (Heal Rate),

No comments

Post a Comment