Monday, October 26, 2015

LANCEA CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

     Hello, akhirnya sampai juga ke Lancea Class, berarti minggu depan mulai dari Academic lagi. Oh ya saya minta maaf dulu nih, soalnya pa... thumbnail 1 summary
     Hello, akhirnya sampai juga ke Lancea Class, berarti minggu depan mulai dari Academic lagi. Oh ya saya minta maaf dulu nih, soalnya pada Analisis sebelumnya saya salah menghitung Konversi Status untuk beberapa Class. Berhubung saya tidak ada waktu banyak untuk mengedit ulang lagi dan repot juga kalau harus dirombak ulang lagi. Efeknya sih tidak terlalu besar banget sih, cuman sedikit kurang enak dilihat aja.
     Lancea termasuk Class baru yang sekarang agak sepi peminatnya. Saya sering pakai kedua Job Lancea untuk Nest atau Dungeon. Damagenya memang besar, tapi perlu keahlian dalam menggunakan/merotasi Skill dan Kombo. Sekalinya kombo/rotasi skill berantakan/gagal, maka hancurlah DPSnya. Bisa jadi karena resiko itulah yang membuat Party Nest/Raid tidak mau membawa Lancea class.
    Saya sempat merasa heran kenapa Sting Breezer masih jarang digunakan oleh Light Party. Padahal Sting Breezer bisa menjadi Buffer dan DPS job yang lumayan baik di Nest. Sedangkan Flurry masih harus bersaing dengan para Job DPS non Element lain, seperti Moonlord, Shooting Star, Gear Master dll. Persaingan yang ketat itu yang kadang membuat Flurry harus tersingkirkan. Apalagi perlu pilot yang benar-benar handal untuk menjadikan Flurry menjadi DPS. 

    Harapan kembali muncul ketika Update Cap 90 di KDN.  Pada Patch Note Awal Cap 90, Flurry mendapatkan peningkatan Damage yang lumayan besar. Sayangnya pada Update berikut-berikutnya, harus kena Nerf lagi. Padahal saya benar-benar berharap agar Class ini mendapatkan Boost yang besar, supaya peminatnya akan bertambah. Kita lihat saja, apakah Update berikutnya akan ada Nerf/Boost untuk Lancea Class. Buat sekarang saya akan berusaha analisis dari Update terbarunya.
     




Skill Buff

Harmonize

Cap 80: Membuat jumlah STR, INT dan AGI sama berdasarkan dengan Status yang paling besar.
Cap 90: Meningkatkan  MATK/PATK dan Movement Speed sebesar 15% selama 300 detik.
(Wah menurut saya sih ini awal yang sangat baik)

Eratic Power
Cap 80: meningkatkan Final Damage sebesar 55%
Cap 90: meningkatkan Final Damage sebesar 65%

Scar Maker
Cap 80: Meningkatkan PATK/MATK sebesar 40%
Cap 90: Meningkatkan PATK/MATK sebesar 50%
*Note: menjadi Self Buff

Wall Maker
Cap 80: Mengurangi serangan sebesar 28%
Cap 90: Mengurangi serangan sebesar 32%
*Note: menjadi Self Buff

Champagne
Efek Buff masih sama dengan Cap 80, namun pada Cap 90 menjadi Self Buff.

Arcane Focus (Sting Breezer)
Cap 80: Meningkatkan Light Attack 16% dan mengurangi Light Resist 16%
Cap 90: Mengurangi Light Resist sebesar 20%

Status Conversion Change
Lancea mendapatkan Boost Status di Cap 90:
- Flurry: (cap 80) 1 STR = 0.5 PATK | (cap 90) 1 STR = 0.75 PATK
- Sting Breezer: (cap 80) 1 INT = 0.5 MATK | (cap 90) 1 INT = 1 MATK

Perhitungan Damage

Flury
Stat di Cap 80 saya pakai Foto yang sedang Full Buff saja, biar lebih cepat.

Cap 80
PATK : 68203



Cap 90
PATK : 43682
STR: 19353
AGI: 3517

Stat Conversion
STR: (19353 x 0,25) x 1.26 = 6096 PATK
TOTAL: 6096 + 43682 = 49778

Harmonize + Scar Maker
PATK: 49778 x 1.65 = 82134

Sting Breezer
Sama kaya Flurry, Saya langsung menggunakan Foto Full Buff

Cap 80
MATK: 39387
Light Attack: 37%

Pasif Level 65
MATK: 39387 x 1.3 = 51203

Champagne + Arcane Focus
Light Attack: 37% + 20% + 32% = 89%


Cap 90
MATK: 28134
INT: 14474

Status Conversion
- 14474 x 0.5 x 1.26 = 7961

MATK: 28134 + 7961 = 36095

Harmonize + Scar Maker + Pasif lv 65 
MATK: 36095 x 1.95 = 70385

Champagne + Arcane Focus
Light Attack: 37% + 20% + 20% = 77%

Analisis Skill

Flurry
Flurry mendapatkan Boost yang besar di Awal, kemudian di Nerf kembali di beberapa Update berikutnya. Agar lebih jelasnya saya langsung masuk perhitungan untuk masing-masing Skill DPSnya saja ya.

Cross Cutter
Board Damage 
Cap 80: 712% + 41135
Cap 90: 654% 
Perhitungan:
Cap 80: 7.12 x 68023 + 41135 = 525459
Cap 90: 6.54 x 82134 = 537157
Cross Cuter + Erratic Power:
Cap 80: 525459 x 1.25 x 1.55 = 1018076
Cap 90: 537157 x 1.25 x 1.65 = 1107885

Jadi pada Cap 90 Damage Cross Cutter meningkat 9% 

Shutter Bounce EX
Board Damage 
Cap 80: 934% + 23417
Cap 90: 1013% 
Perhitungan:
Cap 80: 9.34 x 68023 + 23417 = 658752
Cap 90: 10.13 x 82134 = 832018
Shutter Bounce EX + Erratic Power:
Cap 80: 658752 x 1.3 x 1.55 = 1327385
Cap 90: 832018 x 1.3 x 1.65 = 1784678

Jadi pada Cap 90 Damage Shutter Bounce EX meningkat 34% 

Stab Screw EX
Board Damage 
Cap 80: 649% + 20176
Cap 90: 950% 
Perhitungan:
Cap 80: 6.49 x 68023 + 20176 = 461645
Cap 90: 9.5 x 82134 = 870273
Stab Screw EX + Erratic Power:
Cap 80: 461645 x 1.3 x 1.55 = 930215
Cap 90: 870273 x 1.3 x 1.65 = 1673686

Jadi pada Cap 90 Damage Stab Screw EX meningkat 80% 

Spinning Cut EX
Board Damage 
Cap 80: 878% + 44213
Cap 90: 1465% 
Perhitungan:
Cap 80: 8.78 x 68023 + 44213 = 641455
Cap 90: 14.65 x 82134 = 1203263
Spinning Cut EX + Erratic Power:
Cap 80: 641455 x 3 x 1.55 = 2982765
Cap 90: 1203263 x 3 x 1.65 = 5956154

Jadi pada Cap 90 Damage Spinning Cut EX meningkat 100%

Lollipop Chups
Board Damage 
Cap 80: 2401% + 52832
Cap 90: 2021% 
Perhitungan:
Cap 80: 24.01 x 68023 + 52832 = 1686064
Cap 90: 20.21 x 82134 = 1659929
Lollipop Chups + Erratic Power:
Cap 80: 1686064 x 1.55 = 2613400
Cap 90: 1659929 x 1.65 = 2738882

Jadi pada Cap 90 Damage Lollipop Chups meningkat 5%  

Spinning Swing EX
Board Damage 
Cap 80: 474% + 13169
Cap 90: 664% 
Perhitungan:
Cap 80: 4.74 x 68023 + 13169 = 335598
Cap 90: 6.64 x 82134 = 545370
Spinning Swing EX + Erratic Power:
Cap 80: 335598 x 8 x 1.55 = 4161415
Cap 90: 545370 x 8 x 1.65 = 7198883

Jadi pada Cap 90 Damage Spinning Swing EX meningkat 73%
 
Fling Sky
Board Damage 
Cap 80: 2852% + 37560
Cap 90: 7232% 
Perhitungan:
Cap 80: 28.52 x 68023 + 37560 = 1977576
Cap 90: 72.32 x 82134 = 5939932
Fling Sky + Erratic Power:
Cap 80: 1977576 x 1.55 = 3065243
Cap 90: 5939932 x 1.65 = 9800889

Jadi pada Cap 90 Damage Fling Sky meningkat 220%  

Spinning Skewer (Vulnerable Status)
Board Damage 
Cap 80: 633% + 17135
Cap 90: 1390% 
Perhitungan:
Cap 80: 6.33 x 68023 + 17135 = 447721
Cap 90: 13.9 x 82134 = 1141663
Spinning Skewer VS + Erratic Power:
Cap 80: 447721 x 10 x 1.55 = 6939669
Cap 90: 1141663 x 5 x 1.65 = 9418719
*Damage Spinning Skewer pada Vulnerable Status = 500%

Jadi pada Cap 90 Damage Spinning Skewer meningkat 36%

Rough Sweep EX
Board Damage 
Cap 80: 1275% + 44001
Cap 90: 1694% 
Perhitungan:
Cap 80: 12.75 x 68023 + 44001 = 911294
Cap 90: 16.94 x 82134 = 1391350
Rough Sweep EX + Erratic Power:
Cap 80: 911294 x 2.14 x 1.55 = 3022763
Cap 90: 1391350 x 2.14 x 1.65 = 4912858

Jadi pada Cap 90 Damage Rough Sweep EX meningkat 63%

Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Berdasarkan data di atas, DPS Flurry pada CAP 90 dapat meningkat sebesar 46%.


Sting Breezer


Hovering Blade EX + Arcane Focus
Board Damage 
Cap 80: 20.2% + 606
Cap 90: 48% 
Perhitungan:
Cap 80: 0.202 x 51203 + 606 = 10949
Cap 90: 0.48 x 70385 = 33785
Hovering Blade EX + Arcane Focus (Full Buff)
Cap 80: 10949 x 69 x 1.55 x 1.89 = 2213187
Cap 90: 33785 x 69 x 1.65 x 1.77 = 6808095

Jadi pada Cap 90 Damage Hovering Blade EX + Arcane Focus meningkat 208% 

Spear Hand EX 
Board Damage 
Cap 80: 594% + 20555
Cap 90: 697% 
Perhitungan:
Cap 80: 5.94 x 51203 + 20555 = 324701
Cap 90: 6.97 x 70385 = 490581
Spear Hand EX (Full Buff)
Cap 80: 324701 x 2.4 x 1.55 x 1.89 = 2282911
Cap 90: 490581 x 2.4 x 1.65 x 1.77 = 3438581

Jadi pada Cap 90 Damage Spear Hand EX meningkat 51% 

Piercing Stiker EX + Poking Beehive EX
Board Damage 
Cap 80: 484% + 18700
Cap 90: 351% 
Perhitungan:
Cap 80: 4.84 x 51203 +18700 = 266523
Cap 90: 3.51 x 70385 = 247050
Piercing Strike EX + PB EX (Full Buff)
Cap 80: 266523 x 12.2 x 1.55 x 1.89 = 9525506
Cap 90: 247050 x 12.2 x 1.65 x 1.77 = 8802422

Jadi pada Cap 90 Damage Piercing Strike EX + PB EX berkurang 8% 

Fling Fling
Board Damage 
Cap 80: 976% + 34221
Cap 90: 1742% 
Perhitungan:
Cap 80: 9.76 x 51203 + 34221 = 533963
Cap 90: 17.42 x 70385 = 1226101
Fling Fling (Full Buff)
Cap 80: 533963 x 1.55 x 1.89 = 1564245
Cap 90: 1226101 x 1.65 x 1.77 = 3580828

Jadi pada Cap 90 Damage Fling Fling meningkat 129% 

Dent Blow EX + Arcane Focus
Board Damage 
Cap 80: 1067% + 31744
Cap 90: 860% 
Perhitungan:
Cap 80: 10.67 x 51203 + 31744 = 578081
Cap 90: 8.6 x 70385 = 605308
Dent Blow EX + Arcane Focus (Full Buff)
Cap 80: 578081 x 4.3 x 1.55 x 1.89 = 7282001
Cap 90: 605308 x 4.3 x 1.65 x 1.77 = 7601550

Jadi pada Cap 90 Damage Dent Blow EX + Arcane Focus meningkat 4% 

Champagne
Board Damage 
Cap 80: 2568% + 48828
Cap 90: 2726% 
Perhitungan:
Cap 80: 25.68 x 51203 + 48828 = 1363724
Cap 90: 27.26 x 70385 = 1918686
Champagne (Full Buff)
Cap 80: 1363724 x 1.55 x 1.69 = 3572274
Cap 90: 1918686 x 1.65 x 1.57 = 4970356

Jadi pada Cap 90 Damage Champagne meningkat 39% 

Arcane Focus
Board Damage 
Cap 80: 308% + 7080
Cap 90: 1228% 
Perhitungan:
Cap 80: 3.08 x 51203 + 7080 = 164786
Cap 90: 12.28 x 70385 = 864324
Arcane Focus (Full Buff)
Cap 80: 164786 x 1.55 x 1.89 = 482739
Cap 90: 864324 x 1.65 x 1.77 = 2524257

Jadi pada Cap 90 Damage Arcane Focus meningkat 423% 

Poking Beehive EX
Board Damage 
Cap 80: 2915% + 108568
Cap 90: 2872% 
Perhitungan:
Cap 80: 29.15 x 51203 + 108568 = 1601138
Cap 90: 28.72 x 70385 = 2021448
Poking Beehive EX (Full Buff)
Cap 80: 164786 x 1.3 x 1.55 x 1.89 = 6097695
Cap 90: 864324 x 1.3 x 1.65 x 1.77 = 7674729

Jadi pada Cap 90 Damage Poking Beehive EX meningkat 26%

Perbandingan DPS Cap 80 vs 90

Berdasarkan data di atas, DPS Sting Breezer pada CAP 90 dapat meningkat sebesar 70%.

Kesimpulan
     Pada Cap 90, DPS Flurry dapat meningkat 46%. Sebagian besar Board Damage Skill Flurry mendapatkan Boost, kecuali Cross Cutter dan Lollipop Chups. Nerf yang lumayan mengecawakan saya adalah damage Spinning Skewer (Vulnerable Status) dikurangi menjadi 500% saja. Padahal Skill itu merupakan DPS utamanya Flurry. Peningkatan damage yang paling besar ada pada skill Fling Sky, sayangnya skill itu memiliki cooldown 125 detik.
    DPS Sting Breezer pada Cap 90 dapat meningkat 70%. Memang lebih besar dibandingkan dengan Flurry, tapi kenaikan DPS itu lebih dipengaruhi Status Conversion Boost yang mengubah 1 INT menjadi 1 MATK. Sedangkan untuk Board Damage Skillnya tidak dinaikan begitu besar, kecuali untuk Fling-Fling dan Arcane Focus. Saya sih senang akhirnya Fling-Fling di Boost, sehingga saya bisa ada alasan untuk menaikan skill itu Max nantinya. Sedikit kesal juga, ketika Kombo Utama Sting Breezer yaitu Piercing Strike EX + Poking Beehive malah mendapatkan pengurangan Damage.
    Seperti apa yang saya katakan di awal post, Lancea merupakan class yang memerlukan pilot yang handal. Contohnya saja, Flurry harus handal dalam merotasi skill agak bisa melakukan Spinning Skewer Vulnerable Status setiap 7 detik. Sedangkan Sting Breezer harus pintar dalam melakukan kombo Skill dan Buff. Nah menurut kalian apakah Boost ini sudah pantas untuk Lancea Class?

No comments

Post a Comment