Sunday, September 6, 2015

ENGINEER CLASS (ANALYSIS FOR UPDATE CAP 90)

      Saya membaca ada bocoran kalau DN INA akan mengejar Patch DN Korea. Berarti ada kemungkinan Cap 90 di DN INA akan lebih cepat dari DN... thumbnail 1 summary
      Saya membaca ada bocoran kalau DN INA akan mengejar Patch DN Korea. Berarti ada kemungkinan Cap 90 di DN INA akan lebih cepat dari DN SEA. Sayang sekali, padahal masih banyak konten/patch yang tertinggal di DN INA. Bagi kalian yang cepat bosan mungkin akan menyenangkan, tapi bagi saya sih terlalu cepat dan berantakan malah berdampak negatif. Contoh gampangnya ya, stacking item Gem (Alteum, Agate, Diamond dll) di DN INA, masih maksimal 20 Stack (kasian Newbie dipaksa membeli Tas). Yah semoga saja dengan mempercepat Updatenya, DN INA mulai memperbaiki Konten/Patch yang terlewatkan.
      Back to topic, kali ini saya akan menganalisis bagaimana perkiraan nasib Engineer Class (Shooting Star dan Gear Master) di Cap 90. Data yang saya gunakan hanya berdasarkan Patch Note saja, bukan pengalaman langsung bermain di Cap 90. Soalnya saya sendiri belum pernah mencoba main di Cap 90, secara DN INA dan SEA aja masih Cap 80 :P. Patch Notenya sudah ada sejak satu bulan lalu sih, cuman saya baru sempat menganalisis sekarang. Saya mengambil info Patch Note dari Website Freedomplays. Yuk kita mulai analisis..

ENGINEER CLASS (ANALYSIS FOR CAP 90 UPDATE)
Status Conversion Boost

    Kadang kita terlalu fokus sama Skill Nerf atau Boost, padahal ada point penting dalam Cap 90  yaitu Status Conversion Boost. Engineer mendapatkan Boost yang lumayan juga loh, yaitu:
Cap 80: 1 STR = 0.25 PATK dan 1 AGI = 0.5 PATK
Cap 90: 1 STR = 0.25 PATK dan 1 AGI = 0.75 PATK
Jadi maksudnya apa mas? kelihatannya memang Simpel tapi analisis peningkatannya lumayan ribet.

Mari kita Ambil Contoh dari gambar ini:
Web ini sudah tidak aktif lagi ya.. 

Perhatikan Status AGI dan PATKnya:
- AGI = 20368
- PATK = 42525 - 50071 = 46298 (rata-rata)

Status itu untuk Cap 80 ya, lalu bagaimana dengan Cap 90?

Saya akan mencoba menghitungnya ya..

Peningkatan Konversi AGI =  75% - 50% = 25% 

Perhitungan PATK
- Peningkatan Konversi AGI x Total AGI x (1 + (% Jade Destruction + % Heraldry))
- 0.25 x 20368 x (1 + (16% + 10%))
- 5092 x 1.26
- 6416
Peningkatan PATK
Cap 80: 46298
Cap 90: 46298 + 6416 = 52714


Shooting Star
*Sepertinya om Chaos lagi buru"pas buat Tabelnya, soalnya masih ada Old Skill Amp% yang kurang tepat.

New Update:
- Pingpong Bomb: Damage +35% (dari 373% menjadi 590%) 

Saya menggunakan Status pada Pembahasan pertama, untuk menganalisis tiap-tiap skill.

Pingpong Bomb
Board Damage 
Cap 80: 1006% + 15046
Cap 90: 590% 
(Duh di Nerf lagi.. T_T)

Perhitungan:
Cap 80: 10.06 x 46298 +  15046 = 465758
Cap 90: 5.9 x 52714 = 311012

Nerf: (465758 - 311012)/465758 = 0.33 atau 33%
Jadi pada Cap 90 damage Pingpong Bomb dikurangi 33%

Reload
Board Damage
Cap 80: 318% + 5682
Cap 90: 831%
(Berarti di Boost ya..)

Perhitungan:
Cap 80: 3.18 x 46298 +  5682 = 152910
Cap 90: 8.31 x 52714 = 438053

Boost: (438053 - 152910)/152910 = 1.87 atau  187% 
Jadi pada Cap 90 damage Reload meningkat 187%

Chemical Granade
Board Damage
Cap 80: 248% + 5060
Cap 90: 455%

Perhitungan:
Cap 80: 2.48 x 46298 +  5060 = 119879
Cap 90: 4.55 x 52714 = 239849

Boost: (239849 - 119879)/119879 = 1 atau  100% 
Jadi pada Cap 90 damage Chemical Granade meningkat 100%

Mine Thrower
Board Damage
Cap 80: 291% + 12381
Cap 90: 174%
(Nerf lagi...)

Perhitungan:
Cap 80: 2.91 x 46298 + 12381 = 147108
Cap 90: 1.74 x 52714 = 91722

Nerf: (147108 - 91722)/147108 = 0.38 atau  38% 
Jadi pada Cap 90 damage Mine Thrower berkurang 38%

Chemical Missile
Perubahan Efek Buff:
Cap 80: -20% DEF dan MDEF 
Cap 90: +20% Damage
(Akhirnya diubah juga,,)

Perbandingan Efek Buff:
Cap 80: -20% Def = +4% Damage 
Cap 90: +20% Damage

Jadi ada peningkatan efek Buff sebesar (20-4)/4 = 4 atau 400%.

Board Damage
Cap 80: 2308% + 40389
Cap 90: 2897% 
(Hore Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 23.08 x 46298 + 40389 = 1108947
Cap 90: 28.97 x 52714 = 1527125

Boost: (1527125 - 1108947)/1108947 = 0.38 atau  38% 
Jadi pada Cap 90 damage Chemical Missile meningkat 38%

Cannon Blaster
Board Damage
Cap 80: 639% + 19903
Cap 90: 1656% 
(Boost lagi)

Perhitungan:
Cap 80: 6.39 x 46298 + 19903 = 315747
Cap 90: 16.56 x 52714 = 872944

Boost: (872944 - 315747)/315747 = 1.77 atau 177% 
Jadi pada Cap 90 damage Cannon Blaster meningkat 177%


Demolition
Board Damage
Cap 80: 4566% + 86388
Cap 90: 4977%
(Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 45.66 x 46298 + 86388 = 2200355
Cap 90: 49.77 x 52714 = 2623576

Boost: (2623576 - 2200355)/2200355 = 0.19 atau 19% 
Jadi pada Cap 90 damage Demolition meningkat 19%

Splash (Update)
Board Damage
Cap 80: 431% + 15725
Cap 90: 282%
(Mengheningkan Cipta....)

Perhitungan:
Cap 80: 4.31 x 46298 + 15725 = 215269
Cap 90: 2.82 x 52714 = 148654

Update:
Cap 80: 7x Board Damage
Cap 90: 9x Board Damage

Cap 80: 215269 x 7 = 1506883
Cap 90: 148654 x 9 = 1337886

Nerf: (1506883 - 1337886)/1506883 = 0.11 atau 11% 
Jadi pada Cap 90 damage Splash berkurang 11%

Perbandingan DPS Cap 80 dan 90

(Pengaruh Buff Chemical Missile tidak saya masukan dalam perhitungan di atas)
Dari data di atas, DPS Shooting Star di Cap 90 bisa turun sebesar 6%.

Gear Master


Gattling Gun Tower (Update)
Board Damage 
Cap 80: 1489% + 37258
Cap 90: 681%
(mau di Nerf juga tetep jarang ada yang naikan skill ini :P)

Perhitungan:
Cap 80: 14.89 x 46298 +  37258 = 726635
Cap 90: 6.81 x 52714 = 358982

Nerf: (726635 - 358982)/726635 = 0.51 atau 51%
Jadi pada Cap 90 damage Gattling Gun Tower berkurang 51%

Cannon Tower (Update)
Board Damage 
Cap 80: 968% + 33209
Cap 90: 463%
(Okay, Nerf besar-besaran kayanya)

Perhitungan:
Cap 80: 9.68 x 46298 +  33209 = 481374
Cap 90: 4.63 x 52714 = 244066

Nerf: (481374 - 244066)/481374 = 0.49 atau 49%
Jadi pada Cap 90 damage Cannon Tower berkurang 49%

Ice Pump Tower (Update)
Board Damage 
Cap 80: 607% + 6723
Cap 90: 395%
(Nerf lagi)

Perhitungan:
Cap 80: 6.07 x 46298 +  6723 = 287752
Cap 90: 4.83 x 52714 = 254609

Nerf: (287752 - 254609)/287752 = 0.12 atau 12%
Jadi pada Cap 90 damage Ice Pump Tower berkurang 12%

Chainsaw Tower (Update)
Board Damage 
Cap 80: 2748% + 56582
Cap 90: 3278%

Perhitungan:
Cap 80: 27.48 x 46298 +  56582 = 1328851
Cap 90: 32.78 x 52714 = 1727965

Boost: (1727965 - 1328851)/1328851 = 0.30 atau 30%
Jadi pada Cap 90 damage Chainsaw Tower meningkat 30%

Skyline
Board Damage 
Cap 80: 4281% + 56339
Cap 90: 9641%
(akhirnya di Boost)

Perhitungan:
Cap 80: 42.81 x 46298 +  56339 = 2038356
Cap 90: 96.41 x 52714 = 5082157

Boost: (5082157 - 2038356)/2038356 = 1.5 atau 150%
Jadi pada Cap 90 damage Skyline meningkat 150%

Big Mecha Bomber (Update)
Board Damage 
Cap 80: 3077% + 101532
Cap 90: 3672%

Perhitungan:
Cap 80: 30.77 x 46298 +  101532 = 1526122
Cap 90: 36.72 x 52714 = 1935658

Boost: (1935658 - 1526122)/1526122 = 0.27 atau 27%
Jadi pada Cap 90 damage Big Mecha Bomber meningkat 27%

Perbandingan DPS Cap 80 dan 90


















(Pengaruh Buff Big Mecha Bomber tidak saya masukan dalam perhitungan di atas)
Dari data di atas, DPS Gear Master di Cap 90 bisa turun sebesar 20%.


Kesimpulan

     Kedua job ini harus kembali mendapatkan pengurangan DPS. DPS Shooting Star kemungkinan akan berkurang 6%, sedangkan Gear Master sebesar 20%. Angka tersebut belum dipengaruhi oleh Buff terbaru dari Chemical Missile EX dan Big Mecha Bomber. Diantara kedua Buff itu, Chemical Missile EX akan mempengaruhi DPS lebih besar dibandingkan Big Mecha Bomber. Hal itu dikarenakan  Chemical Missile EX memiliki cooldown yang cepat yaitu 6 detik dan durasi buff 10 detik. Kendalanya adalah castingnya harus menggunakan Bullet, sehingga kalian harus menganalisa lebih lanjut mana yang terbaik antara Chemical Missile EX, Splash EX dan Mine Thrower EX. Rencana saya sih, akan menggunakan kombinasi skill Chemical Missile EX + Splash EX, agar damage Splash meningkat dan Buff +20% Damagenya bisa lebih lama.


No comments

Post a Comment