Friday, April 3, 2015

GUARDIAN SKILL BUILD LEVEL 80 (PVE)

        Job Tanker satu ini memang sudah mulai kehilangan peminatnya. Sekarang kalau saya lihat di Party Nest atau Raid, banyak yang lebih m... thumbnail 1 summary
Guardian Skill Build
 
      Job Tanker satu ini memang sudah mulai kehilangan peminatnya. Sekarang kalau saya lihat di Party Nest atau Raid, banyak yang lebih membutuhkan Crusader sebagai DPS. Efek kurang dibutuhkannya Tanker untuk Nest atau Raid di Cap 80 ini lumayan menyiksa para Guardian. Banyak yang tidak tahan dengan diskriminasi memutuskan untuk mengubah jobnya atau pensiun. Guardian memang sudah di Boost, tapi itu tidak membuat pemainnya semakin banyak.

      Saya sih sangat menyukai Guardian setelah Boost, apalagi saya bisa mencoba Light Guardian. Semenjak Justice Crush menjadi Light Attack, lumayan banyak Guardian yang bermain Light Attack. Saya pun menjadi bimbang untuk membuat Guardian Skill Build Level 80 (PVE). Oleh karena itu, pada post kali ini saya memberikan 3 Skill Build.






Guardian Skill Build
Build 1
Guardian Skill Build


Build 2
Guardian Skill Build


Build 3
Guardian Skill Build


Charge Bolt lv 1:
Berguna untuk mengurangi light resist sebesar 15% dan persyaratan untuk mengambil Skil Lightning Zap.

Block lv 3-5:
Semenjak Boost Guardian, saya jadi mengurangi level block. Karena Bubble jadi lebih mudah didapatkan dengan Stance of Faith EX.

Heal lv 14:
Satu-satunya Skill Heal, jadi wajib Max.

MP Recovery lv 6:
Untuk mencegah agar tidak kehabisan MP. Terutama jika Elemental Aura terus aktif dan pengguna setia Half Turn Kick.

Toughness lv 0-5:
Skill Build no 1 membuat saya tidak bisa menaikan Toughness, karena permasalahan Skill Point. Toughness memang kadang-kadang tidak saya naikan, karena Cleric Class memiliki Def yang besar. Tetapi jika kalian memiliki Skill Point yang berlebih, sangat dianjurkan untuk menaikan Toughness.

Divine Combo vs Holy Kick vs Holy Relic:
Ketiga skill ini yang membuat saya lumayan bimbang. Saya akan mencoba membandingkan DPS antara ketiga skill ini.

Board damage + Cooldown
Divine Combo lv 26 = 675% + 33170 (Patk +Matk) / Cd = 15 detik
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 (Patk + Matk) / Cd = 1 detik
Holy Relic lv 16 = 363% + 9634 (Patk + Matk) / Cd = 14 detik

DPS
Divine Combo lv 26 = 45% + 2211 
Holy Kick lv 16 = 278% +8337 
Holy Relic lv 16 = 26% + 688

Yah jika dilihat seperti ini, Holy Kick pasti mengungguli semuanya. Tapi tentunya kita tidak akan melakukan Holy Kick Setiap 1 detik kan? Karena kalian pasti akan melakukan skill suport atau serangan lain. Selain itu, melakukan Full Holy Kick tiap 1 detik akan membuat MP kalian bocor. 

Sekarang pilihan saya antara Divine Combo dan Holy Relic. Divine Combo memiliki DPS yang lebih besar, namun memiliki beberapa kelemahan yaitu area serangannya kecil, termasuk skill non element dan untuk melakukan full hit (8 hit) kita harus berdekatan dengan musuh. Sedangkan Holy Relic termasuk serangan Light Attack yang damagenya bisa bertambah dengan meningkatnya Light Attack. Selain itu, Holy Relic memiliki area serangan yang cukup besar dan kita tidak perlu berdekatan untuk melakukan full hit. Wah kalau dari penjelasan saya di atas, sudah pasti memilih Holy Relic sih. Tapi kalian bebas kok memilih Skill yang mana, yang penting cocok dengan gameplay kalian.

Sacred Hamering lv 11:
Sebagai pengganti Holy Kick saya lebih memilih menaikan Sacred Hammering. 

Electric Smite lv 11-13:
Perbedaan Damage atau DPS antara level 11 atau 13 tidak begitu jauh.

Provoke lv 5:
Pada level 5, cooldown provoke lebih cepat dibandingkan durasi buffnya.

Armor Break lv 10:
Armor Break yang memiliki efek debuff meningkatkan serangan kita. Sebenarnya pada level 6, cooldownya lebih cepat dibandingkan debuffnya. Namun saya melebihkan beberapa detik durasi debuffnya dengan menaikan Armor Break sampai level 10. Soalnya kadang-kadang saya tidak bisa melakukan Armor Break setiap cooldown.

Auto Block lv 6:
Persyaratan untuk EX.

Stance of Faith lv 6 + Divine Ascension lv 11:
      Stance of Faith (SoF) lv 6 memiliki durasi buff (24 detik) dan cukup untuk melakukan Divine Ascension 10x. Semenjak Guardian Boost, Divine Ascension menjadi naik daun karena memiliki cooldown 2 detik. Selain itu, pada saat melakukan SoF kita bisa melakukan Divine Ascension tanpa perlu di hit terlebih dahulu. Lalu kenapa SoF saya level 6? untuk melakukan Divine Ascension kita memerlukan 1 Bubble. Setiap melakukan SoF, Guardian akan mendapatkan 10 Bubble. Sehingga dengan waktu 24 detik saya rasa sudah cukup untuk melakukan Spam Divine Ascension 10x. 
     Bagaimana jika saya menaikan SoF Max? SoF level 11 (Max) memiliki waktu buff 39 detik. Bukan berarti dengan waktu 39 detik kalian bisa melakukan Divine Ascension 19 kali ya, karena tetap saja kalian memerlukan Bubble. Jadi jika SoF max dan tidak ada Bubble yang tersisa, saya harus berusaha terkena hit agar bisa mendapatkan Bubble sekaligus melakukan Divine Ascension dan itu lumayan merepotkan.

Divine Punishment lv 1:
Skill ini sangat berguna untuk mengembalikan serangan lawan dan memberikan serangan area pada musuh yang mendekat. Lalu kenapa saya level 1? karena serangan area dan movement speed untuk Divine Punishment EX tidak terpengaruh dengan level skill.

Iron will lv 1:
Durasi Buffnya terlalu cepat, sedangkan cooldownnya lumayan lama. Peningkatan levelnya pun hanya menambah beberapa detik saja, sehingga saya tidak menaikannya max. 

Elemental Aura lv 5:
Semenjak Guardian Revamp, skill ini menjadi all in one. Elemental Aura dapat meningkatkan semua serangan element (kecuali dark attack).

Divine Avatar lv 2:
Walaupun saya menggunakan Gear Light, tapi tidak mungkin untuk menggunkan Thor Hammer untuk Guardian. 

Guardian Force lv 7:

Skill Buff untuk memberian Perisai dan meningkatkan super armor. Cooldown skill ini dibuat lebih cepat yaitu 5 detik, sehingga Guardian bisa melakukan lebih sering.

Justice Crush lv 11:

Setelah Guardian Revamp, Justice Crush berubah menjadi element light. Hal ini yang membuat saya menjadi pengguna Light Guardian, agar damage Justice Crush menjadi lebih besar.


Skill Plate:

1. Electric Smite (Damage)
2. Justice Crush (Cooldown)
3. Divine Avatar (Cooldown)

Optional: Half Turn Kick / Holy Kick (Action Speed), Heal (Cooldown), Divine Ascension / Holy Relic (Damage)











   

No comments

Post a Comment