Pada post kali ini, saya akan membahas bagaimana metode-metode saya menghitung DPS atau Damage Comparison. Ini juga termasuk salah satu request seseorang yang penasaran sih. Beberapa orang juga sudah protes kepada saya tentang perhitungan DPS Full Buff. Saya akui bahwa menghitung DPS Full Buff itu pastinya sulit dan rumit, karena Buff sendiri memiliki durasi dan cooldown.
Menghitung Full Buff DPS perlu ketelitian dan kesabaran, karena kalian akan berhadapan dengan berbagai macam Buff/debuff. Saya sudah pernah menjelaskan 3 Metode dalam menghitung Full Buff DPS di Sting Breezer dan Flurry Damage Comparison. Ketiga metode itu akan saya jelaskan lebih mendalam dan rapi di post kali ini.
Saya tidak pernah keberatan untuk memberikan metode perhitungan DPS, tetapi kalian harus siap-siap untuk bertemu dengan banyak angka. Menghitung DPS juga perlu persiapan mental untuk di Bully oleh banyak player, apalagi player yang suka dengan jobnya secara berlebihan. Contohnya saja waktu saya membuat Dragon Nest DPS Chart, saya kena lumayan banyak omelan dari player. Mereka mempertanyakan bagaimana bisa charnya berada di urutan segitu? padahal saya sudah berusaha menjelaskan alasannya (T_T). Oleh karena itu, kali ini kalian perlu membacanya dengan detail, supaya tidak bingung atau salah paham. Jangan lupa juga, tolong komen atau beritahu saya jika ada metode perhitungan yang kacau atau salah.
Memilih Job dan Memperkirakan Damage Dasar
Hal pertama yang kalian perlukan dalam menghitung DPS adalah menentukan Job apa yang akan dihitung. Selanjutnya kalian harus menentukan berapa Damage dasar job itu.
Contoh kesalahan:
Saya akan menghitung DPS Sniper. Berhubung Sniper bisa menaikan skill fisik dan magic, saya dengan sengaja memperkirakan damage dasar yang seimbang, misalnya 50000 patk dan 50000 matk. Jika begitu kalian akan menemukan hasil seperti ini:
DPS Tracking Arrow lv 13: ((196% x 50000 + 4540) x 10) / 16 = 64087
DPS Siege Stance EX lv 16: ((581% x 50000
Dengan hasil seperti itu, berarti Sniper tidak perlu menaikan Siege Stance Max, karena DPSnya masih kalah dengan Tracking Arrow (LOL).
Perkiraan damage dasar asal-asalan pasti akan mengacaukan perhitungan. Padahal sangat aneh jika ada Sniper memiliki Atk dan Matk yang sama. Nah agar kalian tidak terjebak dalam kesalahan seperti itu, kalian bisa meminta bantuan Equip Simulator. Dengan menggunakan simulasi equip, kalian akan mendapatkan perkiraan damage dasar lebih pas, sehingga perhitungannya tidak akan jauh dengan aslinya.
Menghitung Damage dan DPS
Jika sudah melewati tahap pertama, selanjutnya kalian akan mulai menghitung damagenya. Yang diperlukan untuk menghitung damage adalah Board Damage Skill dan Koefisiennya. Board damage merupakan persen angka yang ada di keterangan skill, contoh Twin Shot lv 27 memiliki board damage 148% + 7423.
Koefisien adalah jumlah kemungkinan hit yang bisa dikenai satu skill, contoh Twin Shot memiliki koefisien 2 (2x Board damage). Tidak semua koefisien se sederhana Twin Shot, misalnya Triple Orb yang memiliki total hit 24. Apakah itu berarti damagenya 24 x board damage? tentunya tidak.
Triple orb = 3x Bola
1 Bola = 8x Hit
1 Hit = 0.125 Board Damage
Koefisien Triple Orb = 0.125 x 8 x 3 = 3
Jadi, Full hit Triple orb adalah 3x Board Damage.
Sebenarnya masih banyak perhitungan Koefisien yang membuat kepala saya pening dan menghabiskan waktu lama untuk menghitungnya. Saya rasa dengan dua contoh itu saja sudah cukup.
Jika sudah menghitung damagenya, kalian perlu juga menghitung DPSnya. Menghitung DPS (Damage per detik) lumayan gampang, kalian hanya perlu membagi perhitungan damage kalian dengan cooldown skillnya saja.
Contoh:
Job : Moonlord
Matk dasar: 40000
Skill : Halfmoon Slash EX
Board Damage: 1973% + 45349
Koefisien : 1,5 (Hit pertama: 1x Board dan Hit kedua: 0.5 Board)
Cooldown: 24 detik
Perhitungan:
- (1973% x 40000 + 45349) x 1,5 = 1 251 823 (Damage)
DPS : 1251823 / 24 detik = 52159/detik
Bagaimana jika Job memiliki Element?
Masih menggunakan cara yang sama dengan diatas, tetapi ada penambahan sedikit.
Contoh:
Job : Dark Moonlord
Matk dasar: 40000
Dark Attack: 11%
Skill : Halfmoon Slash EX
Board Damage: 1973% + 45349
Koefisien : 1,5 (Hit pertama: 1x Board dan Hit kedua: 0.5 Board)
Cooldown: 24 detik
Perhitungan:
- ((1973% x 40000 + 45349) x 1,5) * 1.11 (Dark Attack) = 1 389 524 (Damage)
Bagaimana jika menghitung Def atau Mdef Boss?
Kita kadang suka lupa bahwa Boss Nest juga memiliki Def atau Mdef. Fungsi Def atau Mdef adalah mengurangi serangan yang masuk. Misalnya pada cap 80, Boss Nest memiliki Def/Mdef 29948 (mengurangi serangan 26%). Jika Boss di serangan dengan damage Halfmoon Slash di atas, maka perhitungannya akan menjadi seperti ini.
- (1973% x 40000 + 45349) x 1,5 = 1 251 823 (Damage)
- 1 251 823 * 0.74 (Mdef Boss:100% -26%) = 926 349 (Damage setelah pengurangan Mdef)
Bagaimana kalau saya menambahkan Buff?
Buff Moonlord yang paling terkenal adalah Brave dan Provoking Slam. Brave memiliki efek +30% Matk, sedangkan Provoking Slam meningkatkan Matk Damage 50%. Menghitung damage + Buff tidak perlu memperhatikan durasi dan cooldown Buff, karena inti dalam menghitung Damage adalah mencari kemungkinan damage terbesar.
Normal : (1973% x 40000 + 45349) x 1,5 = 1 251 823
+ Dark Attack: ((1973% x 40000 + 45349) x 1,5) * 1.11 (Dark Attack) = 1 389 524
- Mdef Boss: (((1973% x 40000 + 45349) x 1,5) * 1.11) * 0.74 = 1 028 247
+ Buff: (((1973% x 40000 x 1.3+ 45349) x 1,5) * 1.11 *1.5) * 0.74 = 1 979 940
Nah apakah sudah jelas dengan perhitungan damage? kalau sudah jelas, maka kalian bisa lanjut menghitung DPS Full Buff yang lumayan panjang.
Menghitung DPS Full Buff
Oke, tahap yang paling rumit segera dimulai, siap-siap ya. Perhitungan Full Buff memang menjadi kontroversi untuk setiap player. Yah beberapa orang memang memiliki pandangan yang berbeda dalam menghitung DPS Full Buff. Tapi bagaimana cara membuat DPS Full Buff yang super rumit ini menjadi mudah diterapkan oleh banyak orang. Saya akan membaginya dalam 3 metode:
Metode 1
Metode pertama ini menghitung DPS Full Buff dengan mengasumsikan Buff atau Debuff belangsung permanen. Biasanya metode ini saya gunakan untuk menghitung DPS Full Job yang sama atau Classnya sama, contohnya Raven vs Ripper. Metode ini tidak akan cocok jika kalian membandingkan DPS Full Buff untuk semua Job.
Contoh:
Buff: Beyond Time
Efek: -80% Cooldown Skill
Coooldown: diasumsikan permanen
Misalkan:
Job: Smasher
Matk: 50000
Skill: Laser Cutter EX
Board Damage: 1934% + 85721
Damage: (1934% x 50000 + 85721) x 3.3 = 3 473 979
Cooldown: 20 detik
DPS normal: 3 473 979/20 = 173 699/detik
DPS + Buff Beyond time: 3 473 979/ (20 x 0.2) = 868 495/detik
Perbedaan DPSnya sangat jauh bukan? jika metode ini digunakan untuk membuat perbandingan antara job-job yang berbeda pastinya akan menghasilkan perhitungan yang tidak adil. Job dengan Buff/Debuff yang banyak pasti akan merajai dunia per DPS-an. Oleh karena itu, saya akan lanjutkan ke metode kedua.
Metode 2
Metode ini adalah perhitungan DPS Full buff dengan memperhitungkan Durasi dan Cooldown Buff. Sebelumnya saya sudah memberikan contoh perhitungannya di Sting Breezer dan Flurry Damage Comparison. Perhitungan disana merupakan contoh menghitung Buff Element, kali ini saya akan memberikan contoh menghitung Speed Buff.
Keterangan Buff:
Buff: Beyond Time
Efek: -80% Cooldown Skill
Coooldown: 120 detik
Durasi : 15 detik
Misalkan:
Job: Smasher
Matk: 50000
Skill: Laser Cutter EX
Board Damage: 1934% + 85721
Damage: (1934% x 50000 + 85721) x 3.3 = 3 473 979
Cooldown: 20 detik
DPS normal: 3 473 979/20 = 173 699/detik
Perhitungan:
Durasi Beyond Time: 15 detik
Cooldown Laser Cutter saat Buff: 20 detik x 0.2 = 4 detik
Jumlah Laser Cutter yang bisa di Cast Selama Buff = 15/4 = 4x (dibulatkan)
# Total Damage Laser Cutter pada saat Buff
Damage: (1934% x 50000 + 85721) x 3.3 = 3 473 979 (untuk 1x Laser Cutter)
Total Damage: 4 x 3 473 979 = 13 895 916 (Total Damage selama Buff)
# Total Damage Laser Cutter ketika Buff delay
Cooldown Beyond Time : 120 detik
Waktu tanpa Buff: 120 detik - 15 detik = 105 detik
Cooldown Laser Cutter = 20 detik
Jumlah Laser Cutter yang bisa di Cast selama Buff delay = 165/ 20 = 5x
Damage: 3 473 979 (untuk 1x Laser Cutter)
Total Damage: 3 473 979 x 5 = 17 369 895 (Total Damage tanpa Buff)
#Menghitung DPS + Buff
- (Total Damage Buff + Total Damage tanpa Buff) / Cooldown Buff
- (13 895 916 + 17 369 895)/120
- 260 548/detik
Itu baru Speed Buff, belum menggabungkan dengan Element, Damage, dan Final Damage Buff. Semakin banyak Buff, maka akan semakin komplek perhitungannya. Misalnya DPS Skill Crusader ketik Divine Avatar, dengan menggunakan Metode kedua saya rasa tidak begitu sulit di hitung. Tetapi ketika dikombinasikan dengan Buff Judge Power atau Minus Light resist dari Smite/Zap yang memiliki Durasi dan Cooldown berbeda, pasti perhitungannya akan lebih kompleks. Oleh karena itu, saya lebih sering menggunakan Metode ketiga.
Metode 3
Metode ini merupakan jalan tengah yang saya ambil untuk menghitung DPS Full Buff. Metode ini juga saya gunakan untuk perhitungan di Dragon Nest DPS Chart. Beberapa orang protes karena saya menggunakan metode yang kacau seperti ini. Sejujurnya, metode ini saya gunakan agar perhitungan DPS Full Buff lebih sederhana.
Kalian sudah lihat sendiri kan bagaimana ribetnya menghitung DPS Full Buff dengan metode kedua. Misalkan saja, pada post DPS Chart ada 100+ Buff dengan durasi dan cooldown yang berbeda. Bayangkan saja jika saya menghitung DPS Full Buffnya dengan metode 2, pasti akan membutuhkan waktu yang lama dan merepotkan. Jika kamu ingin mencobanya silakan saja, nanti bisa membagikan perhitungannya ke saya (hehehehe).
Metode ketiga ini lebih sederhana yang kalian perlukan hanya keterangan lengkap Buffnya saja. Supaya tidak bingung lansung saja ke contoh:
Masih menggunakan Buff yang sama, supaya nantinya bisa dilihat perbedaannya.
Keterangan Buff:
Buff: Beyond Time
Efek: -80% Cooldown Skill
Coooldown: 120 detik
Durasi : 15 detik
#Menghitung Efek Buff per detik
- (Durasi x Efek) / Cooldown
- (80% x 15) / 120
- 10%/detik (-10% cooldown skill per detik)
#Menghitung DPS Laser Cutter + Buff
Damage: 3 473 979
DPS:
- 3 473 979 / (20 x 0.9) (0.9 merupakan pengurangan 10% cooldown/detik)
- 192 999/detik
Nah loh, perbedaannya kok jauh si kak antara metode 1, 2 dan 3?
Untuk melihat perbedaannya, gunakan satu metode yang menjadi pembanding. Diantara ketiga metode diatas saya pasti akan menggunakan Metode 2 sebagai pembanding. Alasannya adalah karena perhitungannya hampir mendekati dengan keadaan di game. Kita ambil contoh perhitungan di atas saja ya.
DPS Laser Cutter + Beyond Time
Kontrol/Pembanding/Metode 2 = 260 548/detik
Metode 1: 868 495/detik
Metode 3: 192 999/detik
# Membandingkan Metode 1 dengan 2
- DPS Metode 1 / DPS Metode 2
- 868 495 / 260 548
- 3.33
Jika kalian menggunakan Metode 1 untuk menghitung perbandingan DPS Full Buff untuk semua job, maka Smasher akan memiliki DPS 3.3x lipat dari aslinya. Dengan begitu, bisa jadi Smasher aja menduduki Top 3 DPS (LOL).
#Membandingkan Metode 2 dengan 3
- DPS Metode 3/ DPS Metode 2
- 192 999 / 260 548
- 0.74
Jika kalian mengunakan Metode 3 untuk menghitung perbandingan DPS Full Buff untuk semua job, maka DPS Smasher pada saat Beyond Time akan berkurang 26%. Hasilnya hampir mirip waktu saya menghitung DPS Full Buff di Sting Breezer dan Flurry Damage Comparison. DPS + Buff menggunakan Metode 3 memiliki DPS lebih rendah dibandingkan Metode 2.
Jadi gimana nih, kok pake metode 3 perbedaanya lumayan ya kak?
Setiap metode pasti memiliki kelebihan masing-masing. Metode 1 merupakan yang paling sederhana, karena kita tidak perlu memikirkan durasi dan cooldown buff. Tetapi hasilnya pasti akan sangat berbeda-beda, dengan contoh di atas saja bisa ada job yang mempunyai DPS 3x lipat dari aslinya. Oleh karena itu, Metode 1 ini hanya digunakan untuk perbandingan satu job berbeda gear atau dua job dengan class yang sama (Raven vs Ripper).
Metode 2 memiliki hasil perhitungan yang hampir mendekati dengan aslinya, tetapi caranya cukup rumit. Di Dragon Nest ini ada ratusan Buff dan Skill. Menghitung Efek 1 Buff untuk 1 Skill saja membutuhkan perhitungan seperti contoh di atas. Bagaimana jika menghitung DPS + Buff untuk ratusan skill yang berbeda + Buff yang berbeda-beda. Hasilnya pasti otak saya akan Hang atau Error (LOL).
Metode 3 sudah memperhitungkan durasi dan debuff, namun hasilnya lebih kecil daripada aslinya. Menurut saya sih, hasil yang lebih kecil tetapi merata untuk semua job jauh lebih baik daripada harus menghitung dengan Metode 2 yang rumit. Saya akan merasa senang jika diantara kalian ada yang ingin mencoba menghitung Dragon Nest DPS Chart dengan Metode 2. Ada yang mau mencoba??
No comments
Post a Comment